Nikmat yang Tak Pernah Disyukuri

Share
Ketika berbicara nikmat, sebagian manusia mempunyai persepsi nikmat yang terbesit dalam pikirannya adalah uang, uang, dan uang. Karena kata bijak ada yang mengatakan "uang adalah segalanya, tapi bukan berarti segalanya membutuhkan uang". kata bijak tersebut merupakan salah satu penyebab manusia mempunyai persepsi tentang nikmat kurang proporsional.
Uang memang merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah swt kepada hambaNya. Bukan berarti nikmat yang diberikan oleh Allah swt hanya berupa uang saja. sangat banyak nikmat Allah swt yang selalu diberikan kepada hambanya. Hanya saja, Manusia yang merupakan tempatnya salah dan dosa sangat jarang untuk menyadarinya.
Terdapat beberapa Nikmat yang Allah berikan kepada hambaNya. Organ tubuh bagian luar manusia :
  1. Telinga. juga merupakan salah satu nikmat Allah swt yang sangat menakjubkan bagi yang memikirkannya. Jika tidak memikirkannya, maka akan menganggapnya hanya sebuah hal sepele yang tidak perlu untuk disyukuri. salah satu dari fungsi telinga, sebagai alat pendengaran.
  2. Mata. Mata merupakan indera penglihatan manusia. Mata memiliki beberapa pendukung (alis, bulu mata, kelopak mata, bola mata, dll) yang memiliki peran masing untuk melindungi dari gangguan lingkungan.
  3. Hidung. Adalah salah satu bagian dari panca indera yang memiliki fungsi untuk menangkap bau atau biasa disebut dengan indera pembau.
  4. Lidah. Juga merupakan salah satu bagian dari Panca indera yang memiliki fungsi sebagai mencicipi makanan atau biasa disebut dengan indera pengecap.
  5. Kulit. Biasa disebut dengan indera peraba dan kulit juga termasuk salah satu bagian dari panca indera.
Jika salah satu anggota panca indera yang kita miliki tidak berfungsi dengan baik. Kecenderungan yang akan terjadi pada diri manusia adalah mengeluh dan ketika itu pula mengingat Allah swt. Sekalipun pada saat semua anggota panca indera berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya, jarang untuk mengingat Allah swt. Kita enak-enakan saja untuk menikmatinya tanpa ada rasa ingin tahu siapa yang menjadikan panca indera berfungsi sebagaimana mestinya.
Sungguh sangat ironis jika manusia tidak bisa mensyukuri panca indera yang kita miliki, hanya karena disebabkan oleh mempunyai persepsi Nikmat adalah uang. Sekalipun kita tidak memiliki uang, bahkan salah satu bagian dari panca indera tidak berfungsi sebagaimna mestinya, ketahuilah bahwasanya masih banyak Nikmat Allah yang belum kita syukuri.
wallaahu a'lam
Salam Dzikrullah
By : Moh. Arif Amin al-Athorani
 
MIN PLUS
Masukkan Email Anda untuk berlangganan Artikel Gratis:

No comments:

Post a Comment